AJ Kitchen
Browse through over
many tasty recipes.
Home » , » Cara Membuat Perkedel Jagung ala Mama

Cara Membuat Perkedel Jagung ala Mama

Written By AJ Kitchen on Tuesday, May 9, 2017 | May 09, 2017


Bagi kebanyakan emak-emak yang jago masak, empal jagung adalah salah satu gorengan yang paling mudah tentunya untuk dibuat, tapi hal itu ternyata tidak berlaku bagi saya yang masih sangat amatiran kalau soal masak-memasak walaupun kelihatannya hal itu cukup simple dan mudah kan? 

Kemarin sore saya mencoba membuat empal jagung, dari 1 (satu) buah jagung sudah saya cuci bersih kemudian diparut, tanpa kira-kira langsung saya tambahkan 2 butir telur, sudah bisa ditebak apa yang terjadi? Yup! adonan menjadi encer dan susah untuk dibentuk, jadinya sih lebih mirip telur dadar yang ditaburi jagung diatasnya hahaha, saya coba akali dengan menambahkan tepung terigu tapi tetap saja tampilannya aduhai! apalagi rasanya jauhhhhhh sekali dengan empal jagung bikinan mama saya, dan akhirnya saya menyerahhhhh huhuhu :(

Nah hari ini tadi mama saya membuat beberapa empal jagung untuk menu makan siang kami dirumah, jadilah saya bertanya detail kepada beliau apa saja bahan, takaran dan cara membuatnya untuk menghasilkan empal jagung yang pas takarannya dan setelah digoreng tampilannya  pun menjadi cantik kuning keemasan seperti foto yang saya sudah ambil diatas, adonannya pun pas tidak encer seperti yang saya buat sebelumnya hehehe... Kata mama takaran bahannya juga kira-kira, berikut resepnya ya :)


Cara Membuat Perkedel Jagung ala Mama 


Bahan:
  • 2 buah jagung, diparut kasar
  • 1 butir telur 
  • 3 siung bawang putih, diparut atau bisa juga dicincang kasar saja
  • 2 sdm tepung terigu serbaguna (adonan harus kental, bisa ditambahkan lagi apabila adonan masih keliatan encer)
  • 2 sdm tepung tapioka/kanji
  • gula dan garam secukupnya
  • merica bubuk

Cara membuat:
  1. Dalam sebuah mangkuk, masukkan  jagung yang sudah diparut.
  2. Masukkan telur, parutan bawang putih, tepung terigu dan tepung tapioka/kanji,
  3. Tambahkan secukupnya gula, garam dan merica bubuk. Aduk adonan sampai merata.
  4. Panaskan minyak. Masukkan masing-masing 1 sdm adonan empal jagung kedalam minyak yang sudah dipanaskan, jangan lupa dibalik-balik, goreng sampai matang. 
  5. Apabila sudah berwarna kuning keemasan, angkat dan tiriskan. Empal jagung siap untuk dihidangkan.

Sudah hampir setahun belakangan ini saya tiba-tiba jadi suka mencoba berbagai macam masakan, dari yang khas Indonesia sampai Western, tapi hanya untuk sebuah resep empal jagung saja saya sudah menyerah hahaha! Untung mama saya jago memasak jadi saya bisa bertanya sekaligus belajar dengan beliau aneka masakan apa saja tanpa harus merasa malu :D

Selamat mencoba! ;)


SHARE

About AJ Kitchen

0 comments :

Post a Comment