AJ Kitchen
Browse through over
many tasty recipes.
Home » , » Puding Roti Susu Keju Sederhana: Resep dan Cara Membuatnya

Puding Roti Susu Keju Sederhana: Resep dan Cara Membuatnya

Written By AJ Kitchen on Thursday, May 18, 2017 | May 18, 2017


Awal dengar nama resep ini pikiran saya langsung membayangkan roti yang dimasak bersamaan dengan bubuk agar-agar dan dimakan dingin-dingin setelah keluar dari kulkas, segar dan pastinya yummy.. tapi ternyata saya salah! Puding roti ini tidak menggunakan bubuk agar-agar samasekali, bahkan ada campuran susu cair dan telur kocok yang kemudian dimasak dengan cara di oven, saya tambah bingung deh gimana bentuk dan rasanya?  berarti saya yang ketinggalan banget ya? hahahaha



2 (dua) hari yang lalu saya gagal membuat roti sobek, rotinya cuma lembut saat pertama kali keluar dari oven, tapi begitu dingin teksturnya langsung mengeras dan agak kasar, beda sekali dengan roti gembong (sebutan untuk roti sobek di daerah saya) yang biasa  dibeli di dekat tempat tinggal saya, walaupun dingin tapi tetap lembuttt banget,  dulu roti gembong tampil tanpa isian apa-apa jadi masih original, tapi sekarang sudah dijual dengan berbagai macam varian isi, ada coklat, keju, srikaya, dan lain-lain. Bisa dibilang saat ini di daerah  saya tinggal,  roti gembong lagi nge hits banget lho hehehe...



Kembali ke cerita roti sobek (roti gembong) yang gagal tadi, masih banyak tersisa tapi mau dibuang juga sayang dan saya paling pantang sebenarnya dengan yang namanya membuang-buang makanan, tapi juga masih bingung ini roti mau diapakan ya? dilema lah (lebay: mode on). Sampai akhinya browsing sana sini eh inget resep puding roti, kenapa tidak dicoba saja? akhirnya seperti biasa saya akan selalu merujuk ke resep-resep di salah satu blog favourite saya, yaitu resep dasar puding roti yang ada di blog ini http://www.justtryandtaste.com/2011/05/puding-roti-pisang.html Resepnya cukup simple banget walaupun ada beberapa bahan yang saya skip disesuaikan dengan ketersediaan bahan yang ada di dapur saya saat ini . Berikut resep puding roti versi saya ya! ;)



Puding Roti Susu Keju Sederhana: Resep dan Cara Membuatnya

Bahan:
- 3 lembar roti tawar, gunakan roti yang berusia beberapa hari, 
   potong dadu ukuran 2 x 2 cm (saya memakai sisa roti gembong)
- 1 buah pisang tanduk, iris serong tipis atau 3 buah pisang
   raja/kepok kuning (saya tidak pakai karena tidak ada)
- 2 sendok makan kismis
- 2 butir telur ayam, kocok lepas
- 250 ml susu cair (saya pakai energen cereal, karena cuma itu
   yang ada didapur hehehe)
- 1 sendok makan tepung maizena
- 5 sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok teh garam
- 1/4 sendok teh vanili bubuk
- 30 gram keju parut untuk taburan (gak sama dengan takaran di resep, karena pakai keju
   sisa topping brownies kemarin)

Cara membuat:
  1. Siapkan loyang, saya memakai loyang oval. Jika menggunakan loyang alumunium biasa maka olesi mentega dan taburi tepung terigu pada permukaannya agar puding tidak lengket, atau alasi loyang dengan kertas minyak. 
  2. Tata roti  di dasar loyang hingga habis. Taburi dengan kismis merata pada permukaannya. Sisihkan.
  3. Siapkan mangkuk ukuran sedang, tuang susu cair (saya pakai energen cereal) ke dalam mangkuk, tambahkan tepung maizena, gula pasir, garam, vanili, aduk menggunakan kocokan balon hingga semua bahan tercampur rata. Masukkan kocokan telur ke dalamnya, aduk rata. 
  4. Tuangkan susu ke atas loyang berisi roti, taburi permukaannya dengan keju parut. Tutup permukaan loyang dengan alumunium foil dan panggang selama + 45 menit. Hingga puding terlihat mengeras dan matang. Keluarkan dari oven dan puding siap disajikan.
  5. Tutup permukaan loyang dengan alumunium foil dan panggang selama 45 menit. Hingga puding terlihat mengeras dan matang. 
  6. Keluarkan dari oven, biarkan dingin sejenak dan puding siap disajikan.
SHARE

About AJ Kitchen

0 comments :

Post a Comment